PELANTIKAN PEJABAT ADMINISTRASI DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KESEHATAN RI

Rabu, 17 Jan 2024 09:22:56    Poltekkes Kemenkes Kupang
.

Jumat, 12 Januari 2024 pukul 10.00 WIB, dilakukan pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat administrasi di Lingkungan Kementerian Kesehatan RI. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Kunta Wibawa Desa Nugraha,SE.M.A,Ph.D yang bertempat di Aula Kantor  Dirjen Nakes Kementerian Kesehatan RI dan diikuti secara Daring dan Luring.

Salah satu Pejabat Administrasi yang di lantik adalah Nayamanto Namu Natu, SKM,MKM sebagai Kasubag ADUM Poltekkes Kemenkes Kupang menggantikan almarhumah Lidya Sulaiman, S.Farm,Apt yang meninggal pada Bulan Oktober 2023. Nayamanto Namu Natu merupakan Pegawai pada Poltekkes Kemenkes Kupang Program Studi Keperawatan Waingapu dan dari hasil seleksi yang dilakukan oleh tim dari Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI ditetapkan Nayamanto Namu Natu sebagai Kasubag ADUM Poltekkes Kemenkes Kupang. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah tersebut disaksikan langsung juga oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang Irfan, SKM,M,Kes dan Para Pejabat yang ada.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, beliau mengucapkan selamat kepada para pejabat yang baru dilantik. Beliau yakin para pejabat yang telah dilantik dan diambil sumpah jabatannya terpilih berdasarkan kualifikasi dan kompetensi yang sesuai, memiliki karakter yang baik, berintegritas, serta memiliki kinerja yang baik.

Beliau mengingatkan kepada hadirin yang hadir bahwa proses promosi dan mutasi jabatan harus dimaknai sebagai suatu penugasan untuk mengembangkan amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh Negara dan merupakan hal yang biasa yang terjadi di setiap organisasi untuk pembinaan karir.

Sistem pembinaan karir PNS merupakan suatu wadah sistematik terencana yang mencakup struktur dan proses yang menghasilkan keselarasan terhadap potensi pegawai dengan kebutuhan organisasi. Hal ini merupakan salah satu kebijakan organisasi dalam rangka menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik melalui reformasi birokrasi.

Pada hari ini Sekretaris Jenderal melantik para Pejabat Eselon III, IV dan IV dan ada yang di promosi dan ada yang di mutasi. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah ini merupakan bagian dari rangkaian Reformasi Kesehatan yang sudah ditetapkan. Ada 3 (tiga) hal yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal adalah : (1).  Dengan perubahan struktur organisasi dan dengan adanya Promosi serta Mutasi berarti kita harus menyiapkan lebih baik terkait dengan persiapan Cascading untuk IKU kita dan penyelesaian  SKP yang ada di masing-masing Institusi.(2). Perubahan disisi Logo untuk organisasi baru di institusi masing-masing sehingga ini bisa menunjukkan bahwa perubahan sudah kita lakukan dengan cepat sehingga Permenkesnya bisa segera diterbitkan (3). Reformasi itu dimulai dari diri kita  dan jangan dihafalkan tapi harus diimplementasikan dan harus bekerja dengan hati, bagaimana kita menggunakan anggaran dengan lebih baik, sinergi dan koloborasi dengan teman-teman dan bekerja sama dengan pimpinan kita, harus melakukan shering data dengan teman-teman dan harus memberikan support yang baik kepada atasan kita dengan baik sehingga data dan informasi yg diberikan kepada pimpinan merupakan data yg falid dan semua itu untuk kepentingan masyarakat bukan kepentingan pribadi, golongan atau individu kita.   

Lebih lanjut  Sekretaris Jenderal menyampaikan bahwa Tahun 2024 merupakan tahun politik dimana akan ada Pemilu di Bulan Februari nanti sehingga sebagai Aparatur Sipil Negara harus menjaga netralitas, harus benar-benar tidak berpihak kepada siapapun dan tetap menjaga kemarmonisan serta menjadi roll model  pada saat kegiatan pemilu yang akan datang. Kita harus bekerja sesuai aturan, fleksibel dan kolaboratif dan sinergi di antara kita semua, harus bekerja sama, tidak boleh bekerja sendiri dan harus bekerja dengan Stekholeder kita karena  ada Dinas Kesehatan, KKP, Pemerintah Daerah di masing-masing Provinsi karena ini saling terikat satu sama lainnya sehingga mempercepat transfomasi kesehatan di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kemenkes RI berharap kepada Pejabat administrasi yang baru di lantik dan diangkat sumpahnya agar mampu melaksanakan tugas baru yang telah diberikan secara optimal, segera beradaptasi terhadap lingkungan kerja yang baru, terus mengembangkan diri dengan wawasan yang luas dan jiwa kepemimpinan yang memadai.

Pada akhir sambutannya, Sekretaris Jenderal yakin dan percaya para pejabat administrasi yang dilantik dapat melaksanakan tugas secara profesional dan berintegritas sehingga dapat turut andil dalam menyukseskan transformasi kesehatan yang telah bergulir di Kementerian Kesehatan

SHARE

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment