RAPAT KERJA POLTEKKES KEMENKES KUPANG TAHUN 2024

Senin, 22 Jan 2024 15:27:06    Poltekkes Kemenkes Kupang
.

Kamis, 18 Januari 2024. Bertempat di Hotel Sahid Timor Kupang diadakan Kegiatan Rapat Kerja untuk membahas Evaluasi Pencapaian Kinerja Tahun 2023 dan Penetapan Indikator Kinerja Tahun 2024 Poltekkes Kemenkes Kupang. Rapat Kerja tersebut diikuti oleh Ibu Dirjen Nakes Kemenkes RI drg. Arianti Anaya, MKM secara Daring sedangkan peserta mengikuti secara Luring langsung dari Sahid T-More Hotel Kupang.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang Irfan, SKM.M.Kes, bahwa rapat kerja ini bertujuan melakukan evaluasi terhadap Capaian Kinerja, termasuk kinerja anggaran Tahun 2023, hambatan dalam implementasinya dan menyusun rencana tindaklanjut serta penetapan Kontrak Kinerja Tahun 2024. Lebih lanjut Direktur menyampaikan bahwa peserta dihadiri oleh Unit Pengelola dan Direktorat kurang lebih ada 100 orang peserta termasuk Pengelola dari PSDKU yaitu Prodi Keperawatan Ende, Waingapu dan Waikabubak, kegiatan Rapat Kerja ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari dengan Narasumber dari PKBLU, Kanwil DJP, KPPN, KPP Kupang. Lebih lanjut Direktur menyampaikan bahwa Capaian Kinerja Anggaran 2023 sebesar 98,5% (pagu = 103 m) sudah di atas yang ditargetkan oleh Ibu Dirjen Nakes sebesar 98% dan ini berkat dukungan dan Kerjasama dari seluruh Pengelola baik Direktorat maupun Jurusan/Prodi. Untuk capaian indikator Kinerja Tahun 2023 rata-rata capaian sudah di atas 100%, masih ada 1 indikator yang belum kami capai yaitu kelulusan UKOM dari target 95% dan baru mencapai 92% dan Direktur berjanji bahwa di tahun 2024 ini menjadi konsen dari Polkesku untuk lebih memantapkan lagi strateginya.

Lebih lanjut Direktur menyampaikan bahwa pertumbuhan BLU dari Polkesku cukup siknifikan, Maturity Rating dari 2, 26 Tahun 2021 naik menjadi 2,88 Tahun 2022 (PKBLU Satker dengan rasio kenaikan tertinggi capaian MR) dan target kami tahun 2023 : 3,00 dengan proyeksi total pendapatan tahun 2024 : 40m

Pada kesempatan tersebut Ibu Dirjen Nakes Kementerian Kesehatan RI drg. Arianti Anaya,MKM menyampaikan arahan dan sambutan  bagi seluruh peserta yang hadir, Beliau menyampaikan selamat dan penghargaan kepada Poltekkes Kemenkes Kupang yang mendapatkan Pencapaian Kinerja yang Signifikan yaitu sebesar 98.52% dan juga memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap Dirjen Nakes Kemenkes RI dengan target 90% sehingga mendapat posisi ke 2 (dua). Ini semua karena ada Kerjasama yang baik dari seluruh pihak yang ada di Poltekkes Kemenkes Kupang dan bukan dilakukan sendiri-sendiri, dan diharapkan oleh Ibu Dirjen Nakes agar Prestasi ini di tingkatkan. Lebih lanjut Ibu Dirjen Nakes Kemenkes RI menyampaikan bahwa Kegiatan Raker ini sangat baik untuk dapat melakukan evaluasi apa saja yang sudah dilakukan dan apa yang belum dilakukan sehingga ada umpan balik agar lebih baik ke depannya dan harus ada out came dan manfaat terhadap masyarakat yang ada sehingga mulai dari proses perencanaan sampai targetnya yang dilakukan ke depan lebih efektif, efisien dan tepat

Ditambahkan oleh Ibu Dirjen Nakes walaupun Poltekkes Kemenkes Kupang jauh dan berada di Indonesia Timur tapi kinerjanya luar biasa dan patut diberikan apresiasi dan harus ditingkatkan ke depan penyerapannya. Pencapaian ini juga harus seimbang dengan indikator kinerja. Ibu Dirjen Nakes juga memberikan semangat bagi Poltekkes Kemenkes Kupang untuk terus  bekerja keras dan memberikan motivasi yang tinggi untuk bekerja sama sehingga semua dapat tercapai dengan baik dan juga realiasi pembangunannya tercapai sehingga Poltekkes Kupang dapat dilirik karena fasilitas sudah sangat baik dan menghuni.

Lebih lanjut Ibu Direken Nakes mengatakan UKOM juga merupakan salah satu pertimbangan dan harus mencapai target 99% karena kita Lembaga Pendidikan. Karena kalua UKOM kita  tinggi, maka akan menjadi incaran masyarakat untuk kuliah di Poltekes Kemenkes Kupang sebagai pilihan utama. Lulusan kupang juga harus menjadi pilihan utama di Pemerintah Daerah, Swasta, Stekholder dll. Salah satunya termasuk sudah ada Rumah Sakit di Labuan Bajo dan di RSUP dr. Benboi sebagai lahan kerja bagi lulusan Poltekkes Kemenkes Kupang sudah bisa dipastikan Kupang menjadi acuan apabila dibutuhkan tenaga Kesehatan lulusan Poltekkes Kupang.Ibu Direjen Nakes juga mengharapkan agar terus berkolaborasi dengan semua pihak termasuk stekholder, Para Kapus dan Pengelola dan jangan segan-segan meminta Narasumber dari luar untuk dapat memberikan pandangan-pandangan lebih baik ke depannya.

Diakhir sambutan Ibu Dirjen membuka secara resmi Rapat Kerja Poltekkes Kemenkes Kupang dengan harapan kegiatan ini harus tepat sasaran untuk poltekkes Kemenkes Kupang lebih maju dan lebih baik ke depannya.

SHARE

8 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment