SEBANYAK 113 MAHASISWA TAHAP II DI YUDISIUM DIREKTUR POLTEKKES KEMENKES KUPANG

Selasa, 19 Des 2023 09:08:52    Poltekkes Kemenkes Kupang
.

Kupang, 14 Desember 2023, bertempat di Aula Cendana Wangi Poltekkes Kemenkes Kupang lantai II berlangsung acara Yudisium tahap II sebanyak 113 (seratus tiga belas) Mahasiswa yang di Yudisium oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang Irfan, SKM,M.Kes. Acara Yudisum tersebut di hadiri langsung oleh Ketua Jurusan Keperawatan Kupang, Ketua Program Studi Sanitasi, Ketua Program Studi Kesehatan Gigi, Ketua Program Studi Farmasi, Ketua Program Studi Kebidanan, sedangkan ada 3 (tiga) Program Studi yang mengikuti secara online diantaranya Ketua Program Studi Keperawatan Waingapu, Ketua Program Studi Keperawatan Ende dan Ketua Program Studi Keperawatan Waikaubak bersama peserta Yudisium yang ada.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Wadir I, II, III, Kepala SPI, Kasubag Akademik, Plh. Kasubag ADUM, Sekretaris Jurusan dan Prodi, Dosen, Tendik dan Panitia.

Yudisium tersebut di awali dengan Laporan Pendidikan oleh Wadir I Bidang Akademik Maria Hilaria, S.Si,S.Farm,Apt,M.Si untuk menyampaikan hasil Akademik oleh ke 113 (seratus tiga belas) orang yang di Yudisium hari ini. Kemudian dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan Direktur tentang penetapan nama-nama Yudisium sebanyak 113 (seratus tiga belas) orang. oleh  Kasubag Akademik Ferdinand C Letik, SE.MSE

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Berita Acara Yudisum dari masing-masing Jurusan dan Program Studi yang dibacakan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang Irfan, SKM.M.Kes dan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Yudisum oleh masing-masing Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi.

Adapun Mahasiswa yang diyudisium oleh Direktur adalah, Profesi Ners 8 (delapan) orang, Keperawatan Kupang 11 (sebelas) orang, Sanitasi 16 (enam belas) orang, Kesehatan Gigi 9 (Sembilan) orang, Farmasi 7 (tujuh) orang, Kebidanan 7 (tujuh) orang, Prodi Keperawatan Waingapu 33 (tiga puluh tiga) orang, Prodi Keperawatan Ende 8 (delapan) orang dan Prodi Keperawatan Waikabubak 14 (empat belas) orang.

Setelah penandatanganan Berita Acara oleh masing-masing Ketua Jurusan, Ketua Program Studi dan Direktur Poltekeks Kemenkes Kupang, dilanjutkan dengan pengalungan selempang secara simbolis oleh Direktur dan diikuti oleh semua peserta Yudisium.

            Pada sambutannya Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang, Irfan,SKM,M.Kes menyampaikan proficiat dan selamat kepada ke 113 (seratus tiga belas) orang yang di Yudisium hari ini. Lebih lanjut Direktur menyampaikan akan berkoordinasi dengan Para Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi untuk mempersiapkan acara Wisuda antara Bulan Januari atau Februari Tahun 2024 agar secepatnya bisa di urus STR untuk mencari pekerjaan. Direktur juga mengatakan bahwa ada program kerja ke Luar Negeri yang masih sangat terbuka lebar bagi para pencari kerja sehingga harus mempersiapkan diri untuk dapat turun ke pasar kerja yang ada kusunya di bidang Kesehatan dan ada Fendor yang sudah langsung menyampaikan kepada Direktur bahwa mereka sangat membutuhkan teaga Kesehatan dari lulusan Farmasi.

            Poltekkes Kemenkes Kupang juga sudah melakukan kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Pusat Benboi (RSUP)  untuk magang lulusan bagi tenaga Kesehatan dari Poltekkes Kemenkes Kupang dan diharapkan Poltekkes bisa lebih di kenal baik oleh Swasta, pengguna dll. Lebih lanjut Direktur menyampaikan bahwa Rumah Sakit Umum Pusat Benboi (RSUP)  membuka formasi sebanyak 70 (tujuh puluh) orang kusus hanya bagi tenaga Kesehatan dari Poltekkes Kemenkes Kupang sehingga ini harus kita sambut sebaik-baiknya untuk anak-anak kita.

Direktur juga mengingatkan bahwa ke depannya akan lebih besar tantangan dan persaingan yang ada, untuk itu kita harus lebih mempersiapkan diri untuk berkompetisi dan lebih aktif untuk terus mencari informasi kepada sesama Alumni yang sudah lebih dahulu bekerja di Faskes-Faskes yang ada dan harus membangun jaringan dan mitra yang baik dengan para alumni lainnya.

 

 

 

 

Lebih lanjut disampaikan bahwa ada program baru yang diminta oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk membentuk Alumni Direktur di seluruh Poltekkes Kemenkes yang ada  dan juga diminta hasil Tracerstudy selama 5 (lima) tahun ke belakang untuk mengetahui keberadaan lulusan Poltekkes Kemenkes se Indonesia.

            Direktur juga menyampaikan bahwa lulusan Ners mempunyai kesempatan yang sangat besar untuk dapat bekerja di Luar Negeri tetapi masih terdapat beberapa kendala dan halangan seperti Bahasa dan kurang mendapat dukungan dari orangtua karena tidak mengijinkan anak-anak mereka bekerja di Luar Negeri.

Di akhir sambutan Direktur menyampaikan selamat kepada seluruh peserta yang di Yudisium hari ini, ucapan terima kasih juga kepada para Wadir, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi dan seluruh Dosen, Tendik, Panitia yang sudah mendukung anak-anak kita sehingga hari ini dapat mengikuti Yudisium dengan baik dan lancar

SHARE

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment