Prodi DIII Kebidanan

Senin, 18 Apr 2022 13:00:25    TI_poltekkupang_administrator2024
.

Jurusan Kebidanan adalah salah satu jurusan pada Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Kupang yang mempunyai tugas pokok dan fungsi menyelenggarakan pendidikan kebidanan setingkat Diploma III dan bertanggung jawab terhadap Poltekkes Kemenkes Kupang. Jurusan Kebidanan berdiri sesuai Surat Keputusan Permenkes No.298/MENKES-KESOS/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001. Prodi DIII Kebidanan Kupang saat ini terakreditasi dengan Strata B.

Saat ini Ibu Dr.Mareta Bakale Bakoil,SST.MPH yang menjabat sebagai Ketua Jurusan Kebidanan Kupang, untuk periode 2018 – 2022.

Pendidikan Diploma III Kebidanan merupakan Pendidikan Vokasional yang menghasilkan Bidan Pelaksana dengan gelar Ahli Madya kebidanan (A.Md.Keb), dengan beban studi sekurang-kurangnya 110 (Seratus sepuluh) SKS yang dijadwalkan untuk 6 (enam) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester setelah pendidikan menengah (Kepmendiknas 232/U/2000).


Pendidikan Diploma IIII mengacu pada Kurikulum inti Pendidikan Diploma III Kebidanan yang merupakan penciri dari kompetensi utama yang berlaku secara nasional dan disepakati bersama antara penyelenggara pendidikan kebidanan, organisasi profesi dan masyarakat pengguna, dengan beban dalam bentuk satuan kredit semester 40%-80% (Kepmendiknas 045/U/2002). Dengan demikian maka ditetapkan bahwa kurikulum pendidikan DIII Kebidanan tahun 2011 sejumlah 96 SKS yang terdiri dari teori (T) = 39 SKS, Praktikum (P) = 34 dan Klinik (K) = 23 SKS, dengan pembelajaran teori sebanyak 40% dan pembelajaran praktek sebanyak 60%.


Kompetensi pendukung dan kompetensi lain yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama bidan, ditetapkan oleh institusi penyelenggara pendidikan kebidanan sampai dengan sekurang-kurangnya 110 ( Seratus sepuluh) SKS dan sebanyak-banyaknya 120 (Seratus dua puluh) SKS.
Pendidikan Diploma III Kebidanan merupaskan bagian dari jenjang pendidikan tinggi tenaga kesehatan yang menghasilkan tenaga bidan professional pada tingkat Ahli Madya yang lulusannya mendapat gelar Ahli Madya Kebidanan yang mampu berperan sebagai :

  1. Care provider (pemberi asuhan kebidanan)
  2. Community Leader ( Penggerak masyarakat) dalam bidang kesehatan ibu dan anak
  3. Communicator (komunikator)
  4. Decision Maker (Pengambil keputusan dalam asuhan kebidanan)
  5. Manager (Pengelola)
SHARE