Unit Perpustakaan Terpadu

Selasa, 05 Sep 2023 09:50:51    TI_poltekkupang_administrator2024
.

Unit perpustakaan terpadu adalah sebuah perpustakaan yang menggabungkan berbagai jenis koleksi seperti buku, jurnal, media digital, dan layanan lainnya menjadi satu entitas yang menyediakan akses yang komprehensif ke informasi untuk pengguna.

  1. Pengumpulan dan Pengelolaan Koleksi: Unit perpustakaan terpadu bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengakuisisi, mengelola, dan merawat berbagai jenis materi perpustakaan, termasuk buku, jurnal, database, dan media digital lainnya.

  2. Pelayanan Referensi: Unit perpustakaan terpadu menyediakan layanan referensi kepada pengguna, membantu mereka dalam mencari informasi, melakukan penelitian, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka.

  3. Peminjaman dan Pengembalian: Unit perpustakaan terpadu mengatur sistem peminjaman dan pengembalian materi perpustakaan kepada pengguna, serta memastikan bahwa materi-materi tersebut dikembalikan dalam kondisi yang baik.

  4. Pengelolaan Teknologi Informasi: Unit ini juga bertanggung jawab atas pengelolaan sistem teknologi informasi yang mendukung operasi perpustakaan, termasuk basis data perpustakaan dan perangkat keras yang diperlukan.

  5. Pengembangan Koleksi: Unit perpustakaan terpadu secara teratur mengevaluasi dan mengembangkan koleksi mereka sesuai dengan kebutuhan dan minat pengguna, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

  6. Pelatihan Pengguna: Mereka dapat memberikan pelatihan kepada pengguna dalam menggunakan sumber daya perpustakaan, mengakses database, dan mengembangkan keterampilan literasi informasi.

  7. Kerjasama dan Kemitraan: Unit perpustakaan terpadu mungkin terlibat dalam kerjasama dengan institusi lain atau mitra luar untuk meningkatkan akses ke sumber daya informasi.

  8. Evaluasi dan Penelitian: Unit perpustakaan terpadu melakukan evaluasi terhadap layanan dan koleksi mereka, serta dapat terlibat dalam penelitian terkait perpustakaan dan literasi informasi.

SHARE